7 tanda stres yang dapat anda rasakan pada tubuh

tanda stress pada tubuh

Stres merupakan suatu beban rohani yang menyebabkan tingkah laku seseorang menjadi kurang terkontrol secara sehat. Biasanya stres yang menyerang pikiran seseorang ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, Lingkungan, organisasi maupun pribadi. Stres dapat berdampak buruk pada kesehatan Misalnya saja timbul penyakit kanker, jantung, hingga depresi atau gangguan jiwa.

Advertisement



Terjadinya stres ternyata dapat dikendalikan dengan mengenali tanda-tandanya lebih dini diantaranya, tumbuh jerawat berlebih alergi atau gatal dan beberapa tanda-tanda lain berikut kami rangkum Dalam 7 tanda stress pada tubuh .

1.  Siklus Menstuasi tidak teratur

Banyak wanita yang merasa panik saat mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur berbagai hal menjadi faktor penyebabnya seperti gaya hidup yang tidak sehat ataupun kondisi tubuh yang buruk. Salah satu faktor yang paling umum terjadi adalah akibat peningkatan stres yang sedang dialami.

Ternyata Ketika seseorang mengalami peningkatan stres kelenjar adrenal dalam tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan berdampak langsung pada proses menstruasi. Hal inilah akhirnya menyebabkan hormon tidak stabil dan membuat seseorang mengalami keterlambatan menstruasi.

tanda stress pada tubuh

2. Jerawatan

Jerawat merupakan salah satu hal yang paling dibenci oleh semua orang. Penyebabnya banyak, bisa karena polusi, makanan dan yang paling umum adalah karena stres. Pasalnya saat seseorang mengalami stres Maka Sebum atau zat minyak penyebab jerawat pada wajah akan lebih cepat terbentuk. Jerawat akibat stres memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jerawat pada umumnya seperti:

  • terjadi di saat sedang tidak menstruasi
  • muncul dalam waktu yang sangat singkat
  • lebih cepat memerah
  • tersebar dalam jumlah banyak di wajah secara tiba-tiba

3. Nyeri di dada

Banyak orang yang mengira bahwa nyeri di dada hanya dapat dialami oleh penderita penyakit jantung saja. Ternyata hal ini tidak benar, karena nyeri di dada juga dapat terjadi pada seseorang yang sedang mengalami stress. Pasalnya nyeri dada akibat stres merupakan suatu reaksi alamiah tubuh saat berada pada kondisi tertekan. Bahkan nyeri dada ini akan lebih di perparah Bila seseorang yang sedang stres menderita obesitas, diabetes atau mengkonsumsi rokok dan alkohol.

4. Tekanan darah tak terkendali

Tekanan darah yang tak terkendali bisa terjadi akibat beberapa faktor seperti genetik, pola hidup bahkan peningkatan stres. Saat sedang stres seseorang cenderung memikirkan banyak hal berat yang tidak dapat ditampung oleh pikiran. Hal ini akhirnya akan menyebabkan emosi dan tekanan darah yang tidak terkendali. Namun hal ini sifatnya hanyalah sementara bila stres hilang maka tekanan darah akan berangsur normal kembali.

5. Sulit Bernafas

Sulit bernafas Ternyata bukan hanya disebabkan oleh sebuah penyakit tertentu, bisa jadi ini pertanda bahwa seseorang sedang mengalami peningkatan stres. Iya, biasanya kesulitan bernafas terjadi bersamaan dengan nyeri di dada yang diakibatkan seseorang merasa tertekan. Jika hal ini terjadi ada baiknya segera luangkan waktu sejenak untuk bersantai agar stres berkurang dan jangan lupa konsultasikan ke dokter sebelum timbulnya penyakit lain.

6. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, yang paling umum adalah akibat stress. Para ilmuan di jerman melakukan sebuah riset yang membuktikan bahwa seseorang yang mengalami stress akan lebih sering menderita sakit kepala. Hal ini terjadi karena sistem syaraf dalam tubuh manusia memiliki respon yang juga terkait dengan situasi perasaan. Saat stress berlangsung respon saraf simpatik ini akan meningkat dan memicu timbulnya sakit kepala.

7. Alergi atau gatal-gatal

Ternyata alergi atau gatal-gatal bukan hanya disebabkan oleh gigitan serangga ataupun salah mengkonsumsi makanan. Hal ini bisa jadi penanda seseorang sedang mengalami stress. Alergi dan gatal gatal timbul akibat penurunan sistem kekebalan tubuh yang dialami oleh penderita stres. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, sel mesh yaitu sel pemicu alergi atau gatal-gatal akan melepaskan Histamin dan zat-zat lain yang menimbulkan reaksi alergi atau gatal dengan cepat.

Baca Juga :

Akhir kata, admin yang bertugas mengucapkan terima kasih. Semoga info mengenai 7 tanda stress pada tubuh sebagai mana yang telah di paparkan di atas  dapat membantu anda untuk mencegah peningkatan stress sejak dini.

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!