Penyebab dan Cara Mengobati Bintitan Pada Mata

Penyebab dan Cara Mengobati Bintitan

Bintitan merupakan suatu kondisi ketika kelopak mata ditumbuhi oleh bisul atau bintil yang berbentuk seperti jerawat. Umumnya, bintitan hanya terjadi pada salah satu mata. Kondisi ini biasanya tidak akan mempengaruhi kemampuan penglihatan pada penderitanya.

Bintitan sering terjadi pada kelopak mata bagian luar, namun terkadang ada juga bintitan yang tumbuh pada bagian dalam kelopak mata. Bintitan yang muncul pada bagian dalam lebih terasa menyakitkan dari pada bintitan yang tumbuh pada bagian luar.

Advertisement



Penyebab dan Cara Mengobati Bintitan

Gejala Awal Bintitan

Gejala awal terjadinya bintitan dapat dengan mudah terdeteksi karena munculnya benjolan berwarna merah yang menyerupai bisul pada kelopak mata. Gejala lainnya yang ikut menyertai kondisi ini diantaranya:

  • Mata merah dan berair
  • Kelopak mata membengkak dan terasa nyeri
  • Munjulnya kotoran mata di sekeliling kelopak mata.

Penyebab Bintitan

Bintitan disebabkan oleh bakteri Stafilokokus, yaitu bakteri yang biasanya hidup pada kulit manusia tanpa menimbulkan penyakit. Namun, resiko bintitan akan meningkan apabila kita menyentuh mata dengan tangan kotor. Contoh infeksi yang diakibatkan oleh bakteri yang memicu timbulnya bintitan adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar keringat dan kelenjar minyak.

Selain diakibatkan oleh bakteri, bintitan juga dapat disebabkan oleh peradangan pada kelopak mata atau blefaritis. Terutama untuk penderita yang mengidap blefaritis dalam jangka panjang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat kulit rosaseae.

Mengobati bintitan

Untuk mengobati bintitan tidak memerlukan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 3 minggu. Bintitan akan sembuh dengan sendirinya setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Tetapi jangan pernah memencet atau memaksa untuk memecahkan benjolan bintitan anda karena akan beresiko menimbulkan peradangan kulit, biarkan bintitan tersebut pecah dengan sendirinya.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk gejala serta ketidak nyamanan akibat bintitan, diantaranya:

  • Menjaga Kebersihan Mata, sebaiknya hindari penggunaan kosmetik selama terjadi bintitan untuk menjaga agar area mata dan sekitarnya tetap bersih.
  • Kompres menggunakan air hangat,  mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 3 hingga 6 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus dapat mempercepat penyembuhan bintitan.
  • Jangan memakai lensa kontak sebelum bintitan yang dialami benar-benar sembuh.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi analgesik atau obat pereda sakit jika memang dibutuhkan.

Apabila bintitan yang dialami tidak kunjung sembuh dan rasa nyeri bertambah parah, sebaiknya berobat kerumah sakit atau klinik kesehatan untuk mandapatkan penangan medis yang tepat. Bisa jadi bintitan yang diderita sudah komplikasi.

Baca Juga : Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Oleh Mata

Pencegahan Bintitan

Menjaga kebersihan mata merupakan langkah terpenting agar terhindar dari bintitan. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan.

  • Jangan menggosok-gosok mata, tindakan ini dapat memicu iritasi serta berpindahnya bakteri ke mata.
  • Lindungi mata anda dengan cara selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau gunakan kaca mata pelindung saat membersihkan rumah agar debu tidak masuk ke mata.
  • Jika anda menggunakan lensa kontak, cuci dan sterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan dan pastikan anda sudah mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak.
  • Perhatikan kosmetik yang anda gunakan dan hindari pemakaian kosmetik yang sudah kadaluarsa.
  • Segera tangani infeksi atau inflamasi pada kelopak mata dengan seksama.

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!