Penemu Website Pertama di Dunia Yang Rendah Hati

Tampilan Website Pertama di Dunia

Website Pertama di Dunia – World Wide Web atau biasa disingkat dengan WWW merupakan bagian terpenting dalam dalam internet. World Wide Web adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.

WWW sendiri diciptakan pertama kali oleh Tim Barner Lee pada tahun 1989. Timothy John ”Tim” Berners-Lee lahir di London, 8 Juni 1955 silam. Ia adalah penemu WWW dan ketua di World Wide Web Consortium (W3C).

Advertisement



Tim Barner  Website Pertama di Dunia

Advertisement



Website yang pertama kali di buat oleh Tim Barner (yang merupakan Website pertama di dunia) adalah sebuah halaman web milik CERN (Organisasi Penelitian Nuklir Eropa) saat ia masih bekerja sebagai kontraktor lepas di CERN dengan alamat url ‘http://info.cern.ch‘.

Situs ini pertama kali beroperasi pada tanggal 20 Desember 1989 yang sekarang sudah memiliki umur selama 25 tahun. Pada awal beroperasi, situs ini hanya bisa diakses oleh beberapa universitas dan mahasiswa, website ini baru bisa diakses untuk publik pada tanggal 6 Agustus 1991.

Setelah meninggalkan CERN, Barner Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. W3C adalah sebuah konsorium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar dari World Wide Web.

Meski penemuannya sangat penting dalam dunia internet sekarang ini, Tim Barner memilih untuk tidak mematenkan karyanya dan dapat digunakan secara bebas demi kemajuan Word Wide Web. Atas jasanya tersebut, pada tanggal 16 Juli 2004 Ia di anugrahi gelar KBE oleh Ratu Elizabeth II.

“Anda mungkin bisa membayangkan seandainya Tim Barner mematenkan hasil karyanya, mungkin dia akan masuk salah satu daftar orang terkaya di dunia, bahkan google dan facebook pun harus membayar licensi kepadanya agar dapat beroperasi.”

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!