Objek Wisata Situ Patenggang – Ada Kisah Cinta Abadi Dibalik Terbentuknya Danau

Objek wisata Situ Patenggang Image

Selain tempat wisata Kawah Putih, ada satu lagi tempat wisata alam yang cukup populer di daerah Ciwidey, Bandung, namanya objek wisata Situ Patenggang. Jaraknya dari objek wisata kawah putih pun lumayan dekat hanya sekitar 7 km dengan waktu tempuh lebih kurang 10 menit. So, kalau ke kawah putih bisa sekalian mengunjungi kawasan ini sob.

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di sebelah selatan kota Bandung, tepatnya di Ciwidey, Jawa Barat. Danau ini berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 45.000 hektar. Danau Situ Patenggang dulunya merupakan bagian dari cagar alam yang harus dilindungi dengan luas total lebih dari 123.000 hektar. Tapi sejak tahun 1981 danau tersebut telah resmi dibuka sebagai taman wisata untuk umum dan di kelola oleh pihak Perhutani.

Advertisement



Cerita Rakyat Tantang Situ Patenggang

Ada kisah menarik dengan nuansa romantis dibalik terbentuknya danau situ patenggang. Konon pada zaman dahulu kala ada sepasang kekasih bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis, yang terpisah dalam waktu yang cukup lama. Karena rasa cinta yang begitu dalam, mereka berdua akhirnya saling mencari dan bertemu di sebuah batu yang diberi nama dengan “Batu Cinta”. Sang Dewi meminta pada Ki Santang agar dibuatkan sebuah danau dan perahu agar mereka bisa berlayar bersama.

Saat ini masyarakat lokal percaya kalau perahu tersebut telah berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati yang dikenal dengan nama Pulau Asmara atau sering disebut Pulau Sasaka. Berdasarkan cerita rakyat, setiap pasangan yang yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara akan senantiasa mendapatkan cinta yang abdi seperti pasangan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Berdasakan legenda tersebut danau ini dikenal dengan nama Situ Patenggang, yang dalam bahasa Sunda “Situ” berarti Batu dan “pateangan-teangan” yang bermakna saling mencari.

Kegiatan Menarik di Situ Patenggang

Lokasi danau yang dikelilingi oleh hamparan hijau kebun teh membuat udara di kawasan situ patenggang terasa lebih sejuk dan alami. Banyak kegiatan menarik yang dapat anda lakukan selain berjalan-jalan mengelilingi danau untuk sekedar melepas penat dan stres akibat rutinitas yang terlau padat. Untuk anda yang menyukai keadaan hening dan suasana damai, tidak ada salahnya untuk mencoba aktifitas memancing atau jalan-jalan di areal perkebunan teh.

Bagi anda yang mengunjungi tempat ini bersama keluarga, ada satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan disini yaitu Piknik di pinggir danau. Anda bisa menghabiskan suasana bersama keluarga dengan suasana berbeda sambil bercengkrama dan menikmati makanan yang sudah di persiapkan dari rumah. Unyuk masalah tikar sebagai alas duduk, anda tidak perlu khuatir karena disini juga terdapat tempat penyewaan tikar.

Nah, guys buat kalian yang pergi bersama pasangan, kalian bisa mengunjungi tempat-tempat romantis seperti Batu Cinta atau mengelilingi pulau Asmara dengan menggunakan perahu dayung atau menaiki perahu angsa bersama pasangan.

Hampir lupa, buat kalian guys yang jomlo atau yang mengunjungi tempat ini bersama teman-teman saya sarankan untuk mencoba aktifitas memancing saja karena hal tersebut dapat menghindari anda dari pemandangan-pemandangan yang tidak di inginkan oleh seorang jomblo (hahahahaha bercanda guys). Atau kalian bisa mencoba aktifitas balap perahu bersama teman kalian, sekedar have fun aja.

Jika anda penasaran bagaimana keindahan di Situ Patenggang, silahkan lihat video youtube berikut.

Harga Tiket Masuk ke Situ Patenggang

Untuk masuk kelokasi objek wisata danau Situ Patenggang, anda di kenakan tiket masuk dengan harga perorangan, lebih jelasnya sebagai berikut :

  • Wisatawan lokal: 15.000 Rupiah
  • Wisatawan asing: 50.000 Rupiah

Tarif Parkir untuk kendaraan :

  • Motor: 3.500 Rupiah
  • Mobil: 11.500 Rupiah
  • Bus: 22.000 Rupiah

Lain-lainnya :

  • Penyewaan perahu per perahu: 150.000 Rupiah
  • Penyewaan perahu per orang: 15.000 Rupiah
  • Perahu angsa: 40.000 Rupiah
  • Penyewaan tikar: 10.000 Rupiah
  • Penginapan: 600.000 Rupiah

Harga untuk tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan ketentuan dari pengelola wisata alam Situ Patenggang.

Baca Juga : Menikmati Suasana Romantis Di Kawah Putih Ciwidey

Akses Menuju lokasi

Untuk menuju lokasi wisata Patenggang , banyak jalur alternatif dari kota Bandung menuju Ciwidey yang bisa anda lalui.

Menggunakan Kendaraan Umum

Jika menggunakan transportasi umum, rute pertama yang harus anda kunjungi adalah Terminal Leuwi Panjang Bandung. Dari terminal Leuwi Panjang naik Bus atau Minibus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey kemudian naik angkot jurusan Ciwidey – Situ Patenggang.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Apabila anda menggunakan mobil pribadi dari pusat kota bandung, anda bisa melawati jalan tol Purbaleunyi kemudian keluar melalui gerbang Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Atau bisa juga menggunakan jalur alternatif melalui gerbang Tol Buah Batu Bandung.

Dari Kawah Putih Ke Situ Patenggang

Jika anda dari kawah putih ingin pergi ke Situ Patenggang cukup menunggu angkot arah ke Situ Patenggan di gerbang masuk Kawah Putih. jarak nya lumanyan dekat sekitar 7 km dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Peta Lokasi

Hotel Di Sekitar Tempat Wisata Situ Patenggang

Berikut nama-nama hotel yang bisa kalian temukan di daerah Situ Patenggang dan Kawah Putih Ciwidey, untuk harganya silahkan kalian tanya sendiri ke pengelolanya guys atau lebih mudah pesan hotelnya online aja biar ngak repot-repot.

  • Abang Hotel Ciwidey
    Jalan Raya Ciwidey Patenggang Kilometer 2 Nomor 500 – Telepon: (022)5928235 / Fax: (022)5928429.
  • Argapuri Hotel Ciwidey
    Jalan Raya Gambung Kilometer 6, Pasir Jambu Bandung 40972 Jawa Barat – Indonesia
  • Cimanggu Cottage Ciwidey
    Jalan Raya Ciwidey Patenggang kilometer 13, Ciwidey.
  • Kampoeng Strawberry Hotel Ciwidey
    Jalan Rancabali/Ciwidey-Patenggang kilometer 7, Alam Endah, Ciwidey
  • Kampung Pa’go Hotel Ciwidey
    Jalan Raya Soreang Ciwidey Kilometer 25, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
  • Lembah Gembyang Hotel
    Nomor Telepon: (022) 5928998
  • Patuha Resort Hotel Ciwidey
    Jalan Raya Soreang kilometer 25,
  • Ciwidey Pondok Selly
    Jalan Raya Ciwidey
    Nomor Telepon: (022) 5928260
  • Prana Tirta Hotel Ciwidey
    Jalan Rancawalini, Ciwidey
  • Rancabali
    Nomor Telepon: (022) 5927050
  • Rancabali Cottage Ciwidey
    Jalan Raya Rancawalini, Ciwidey
  • Villa Patengan Ciwidey
    Situ Patenggang, Ciwidey
  • Villa Ciung Wanara
    Perkebuna Teh Rancabali, Rancabali

 

 

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!