7 Tanaman Herbal Terbaik Untuk Obati Jerawat

obati jerawat secara alami
“Asupan makanan juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak juga dapat memicu timbulnya jerawat.”

Jerawat adalah salah satu permasalahan paling umum yang di hadapi oleh wanita. Biasanya jerawat sering muncul pada usia remaja namun dalam beberapa kasus jerawat bisa juga terjadi pada usia lanjut.

Umumnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, diet yang tidak tepat, merokok, ketidakseimbangan hormon, meningkatnya kadar gula darah dan faktor keturunan.

Advertisement



Asupan makanan juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Merubah gaya hidup dan selalu mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari bisa membantu mengurangi terjadinya jerawat dan membuat kulit terlihat sehat dan lembab.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, mulai dari penggunaan obat-obatan modern hingga pengobatan tradisional berupa ramuan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan herbal.

Dikutip dari Boldsky (13/11/2015), setidaknya ada 7 tanaman herbal yang terbukti efektif mengobati jerawat apabila di gunakan secara teratur, mulai dari:

DaunBasil Atau Selasih

Perbedaan daun kemangi dan basil

Tanaman Basil atau orang indonesia menyebutnya dengan nama selasih merupakan tanaman asli india yang biasa dimanfaatkan sebagai rempah-rempah. Daun Basil berbeda dengan daun Kemangi tapi masih satu genus Ocimum.

Daun Selasih sangat efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, caranya ambil beberapa lembar daun selasih, kemudian dihancurkan sampai halus lalu oleskan pada daerah yang ditumbuhi jerawat. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

Daun Mimba

Sejak dahulu daun Mimba (mimbo, imbo, imba, membha, mempheuh, intara) banyak di gunakan untuk perawatan kecantikan. Selain itu biji pohon nimba dapat di manfaatkan sebagai desinfektan alami.

Untuk mengobati jerawat, ambil 10 gram daun Mimba lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Saring air rebusan dan tunggu sampai dingin lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci muka.

Atau anda juga bisa menggunakan daun mimba sebagai masker untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit.

Caranya ambil beberapa genggam daun mimba lalu tumbuk sampai menjadi pasta. Campurkan pasta daun mimba dengan air mawar kemudian gunakan sebagai masker.

Pohon Mimba

Minyak Lavender

Campurkan minyak lavender dengan air mawar lalu oleskan pada bagian wajah yang di tumbuhi jerawat, gunakan secara teratur sampai jerawat menghilang.

Lihat cara buat air mawar di postingan Cara Membuat Masker Beras

Lidah Buaya

Selain digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah munculnya jerawat. Caranya, ambil isi dalam lidah buaya kemudian oleskan sebagai masker di wajah.

Minyak Pohon Teh

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, efek dari antimikroba pada minyak pohon teh membatu mencegah pertumbuhan jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

Caranya, teteskan minyak pohon teh pada kapas kemudian oles pada pada jerawat, tunggu beberapa jam lalu bilas.

Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi kulit, termasuk jerawat. Ambil beberapa lembar daun ketumbar lalu haluskan hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta daun ketumbar pada jerawat tunggu sampai kering lalu bilas dengan air.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan, mengkonsumsi 2 hingga 3 cangkir teh hijau setiap hari di percaya ampuh untuk mengusir jerawat pada kulit.

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!