Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Oleh Mata

Ilustrasi sakit mata
Mata adalah organ tubuh yang paling vital dan harus kita jaga. Untuk itu kita harus mencukupi nutrisi mata kita , karena dengan bertambahnya usia, fungsi kerja mata juga akan menurun.

 

Umumnya kita hanya tau bahwa untuk menjaga kesehatan mata kita cukup makan wortel atau minum jus wortel, karena wortel banyak mengandung vitamin A. Mengkonsumsi wortel saja tidak cukup, mata juga membutuhkan nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin E, Lutein, zeaksantin.  Berikut akan saya jelaskan Nutrisi dan Zat gisi Apa Saja yang dibutuhkan oleh mata.
Ilustrasi kurang nutrisi mata

Lutein dan Zeaksantin

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Lutein dan Zeaksantin yang termasuk kedalam jenis antioksidan golongan karotenoid ini mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis, termasuk katarak dan AMD (age-related macular degeneration).

 

lutein dapat di peroleh pada cabai atau paprika kuning, mangga, bayam, brokoli, sawi). sedangkan, Zeaksantin bisa diperoleh dari paprika jingga, brokoli, jagung, lettuce, bayam, buah asam, jeruk, dan telur.

 

Vitamin C

Selain sebagai daya tahan tubuh, Vitamin ini juga dapat menurunkan resiko terjadinya katarak dan memperlambat perkembangan AMD serta membantu ketajaman visual. Vitamin C banyak dijumpai pada jeruk, bayam, jambu biji, pisang, apel, tomat, pepaya, nenas, brokoli, stroberi, paprika, kiwi, dan blewah.

 

Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk pembentukan pigmen pada mata yang berfungsi sebagai indra penglihatan terutama pada malam hari dan pada kondisi yang pencahayaannya kurang. Vitamin A dapat di peroleh dari Wortel,labu, buah naga, hati, susu, dan telur

 

Vitamin E

Mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas serta mempu mengembalikan keriput pada kulit. Sumber vitamin E dapat dijumpai pada kacang almon, kacang tanah, pepaya, asparagus, ubi jalar, bayam, sawi, paprika.

 

Asam Lemak Esensial

lemak ini mampu memberikan energi pada sel-sel dan meningkatkan sistem imun serta membantu memelihara sistem saraf. Omega-3 yang terkandung pada lemak ini penting untuk perkembangan visual yang baik dan fungsi retina. Sumber omega-3 misalnya ikan salmon, tuna, kakap, makarel, bilis, sardin, tiram, kedelai dan tahu.

 

Zinc

Zink berperan penting dalam mengangkut vitamin A dari hati ke retina untuk memproduksi melanin, pigmen pelindung di mata. Zinc terkonsentrasi tinggi di mata, terutama retina dan koroid, lapisan jaringan pembuluh darah yang ada di bawah retina. Sumbernya seperti daging sapi, lobster, Licking, telur, salmon, susu, yoghurt, biji wijen, biji labu dan oat.

 

Sulfur

Sulfur dapat menjaga lensa mata tetap kuat. Bisa diperoleh dari bawang putih dan sayuran keluarga kol. Lengkapi kebutuhan nutrisi mata anda demi menjaga mata agar selalu sehat, sampai hari tua.

Advertisement



1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Penyebab dan Cara Mengobati Bintitan Pada Mata | Rihoen Magazine

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!