Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

cara mengatasi bau badan ilustrasi bau badan, image via viralityfacts.com

Sebelum kita membahas cara menghilangkan bau badan secara permanen menggunakan bahan-bahan alami (herbal) yang mudah di jumpai di sekitar kita. Ada baiknya kalau kita berkenalan lebih dekat dengan masalah bau badan.

Pada keadaan normal, bau badan bukanlah sebuah masalah karena tidak mengeluarkan bau yang menyengat bahkan bermanfaat sebagai identitas seseorang, karena setiap orang memiliki bau badan yang berbeda. Bau badan dalam keadaan normal juga dipercaya mampu menarik pasangan untuk mendekati anda. Permasalahan terjadi ketika bau badan yang di keluarkan sudah berbau tak sedap dan menyengat, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda dan orang lain yang berada di sekitar anda.

Advertisement



Penyebab Bau Badan Berlebih

Bau badan umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti makanan, gejolak hormon dan keringat yang bercampur dengan bakteri penyebab bau badan. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan bau badan, diantaranya:

Keringat

Tubuh manusia memiliki 2 kelenjar penghasil keringat yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat pada seluruh bagian permukaan kulit dan keringat yang di hasilkan berupa air yang bercampur garam dari hasil metabolisme tubuh. Sedangkan, kelenjar apokrin terdapat terletak di areal persendian dan daerah yang ditumbuhi rambut. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin berupa keringat yang bercampur lemak, protein dan karbohidrat.

Bau badan muncul ketika bakteri pada permukaan kulit mengurai keringat yang di hasilkan oleh kelenjar apokrin menjadi asam yang mudah menguap dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ada dua jenis asam yang terbentuk akibat penguraian tersebut, yaitu:

  • Asam propionat yang memiliki bau seperti bau cuka merupakan hasil penguraian keringat oleh bakteri propionibacteria.
  • Asam isovalerik memiliki bau seperti bau keju, dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermidis.

Makanan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih dan jengkol juga bisa menjadi salah satu penyebab bau badan. Selain itu, mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak juga dapat meningkatkan produktifitas lemak pada kelenjar apokrin.

Stres secara emosional

Ketika seseorang mengalami stres secara emosional seperti marah, takut, dan depresi, kelenjar apokrin akan memproduksi keringat lebih banyak dari pada biasanya, untuk itu jika anda sedeng mengalami stres segeralah mandi supaya bakteri penyebab bau badan tidak mengurai zat pada keringat yang dikeluarkan.

Gejolak Hormon

Pengaruh hormon androgen pada anak remaja pada masa pubertas dapat meningkatkan produksi kelenjar apokrin.

Kelainan Genetik

Dalam beberapa kasus, faktor genetik juga mempengaruhi bau tubuh seseorang. Sebuah kelainan genetik langka yang disebut dengan sindrom trimetilaminuria, di tandai dengan bau amis yang di keluarkan oleh keringat, nafas dan urin.

Penyakit

Pasien yang mengalami penyakit diabetes biasanya cenderung memiliki bau tubuh yang menyengat, terutama ketika gula darah pasien tidak terkontrol dengan baik yang dapat menimbulkan ketoasidosis. Penyakit liver atau ginjal juga bisa menjadi salah satu penyebab bau badan, di mana tubuh tidak mampu mengeluarkan dan memproses racun tertentu pada tubuh.

Tips Mencegah Bau Badan

Karena umumnya bau badan diakibatkan oleh bakteri yang mengurai keringat anda, untuk itu cobalah terapkan tips berikut untuk mencegah munculnya bau badan pada tubuh anda, berikut 4 cara mencegah bau badan :

  • Kurangi makanan yang berbau tajam serta minum minuman yang mengandung stimulan seperti kopi atau teh karena dapat merangsang aktivitas kelenjar apokrin.
  • Mandi dua kali sehari, bersihkan juga  bagian ketiak dan lipatan tubuh dengan menggunakan sabun, karena kelenjar apokrin terletak pada bagian tersebut. Setelah mandi sebaiknya gunakan deodoran untuk mengurangi bakteri penyebab bau badan.
  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti pakaian berbahan katun.
  • Konsultasi dengan dokter jika anda merasa bau badan yang anda alami tidak normal, bisa jadi ada yang salah dengan tubuh anda.

cara menghilangkan bau badan

Banyak sekali tanaman herbal di sekitar anda yang bisa di manfaatkan untuk mengobati bau badan, berikut adalah beberapa tanaman herbal yang ampuh untuk mengatasi bau badan.

Daun sirih

Sejak dahulu, daun sirih dipercayai ampuh untuk mengusir bau pada tubuh, baik pada bagian kewanitaan maupun pada bagian tubuh lainnya. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih pun cukup mudah, caranya:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih lebih kurang 30 lembar
  • kemudian rebus dengan 1 liter air, tunggu sampai mendidih
  • Campur air rebusan daun sirih dengan 1 ember air dingin, kemudian gunakan air tersebut untuk mandi, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian yang menyebabkan bau seperti ketiak dan lipatan tubuh.
  • Lakukan secara rutin (satu hari sekali) sampai bau badan hilang.

Cengkeh

Selain berguna sebagai bumbu dapur, cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bau badan, caranya:

  • Ambil beberapa kuntum bunga cengkeh, kemudian rendam dengan satu gelas air hangat, tunggu sampai bunga cengkehnya mengembang.
  • Kemudian minum air rendaman tersebut, anda juga bisa menambahkan gula supaya lebih enak di minum.
  • Jika anda tidak suka dengan cara minum, anda juga bisa mengoles air rendaman cengkeh pada bagian ketiak atau bagian tubuh yang mengeluarkan bau setelah mandi.

Jeruk nipis

Ambil satu buah jeruk nipis kemudian peras airnya, kemudian air perasan jeruk nipis di campur dengan daun sirih dan kapur, bila perlu remas-remas sampai semuanya tercampur rata. Jika sudah tercampur rata, kemudian oleskan pada bagian ketiak atau lipatan tubuh.

Kecombrang

Kecombrang atau biasa juga di sebut dengan “honje” atau “kantan” juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati bau badan. Caranya, ambil kuncup bunga kecombrang kemudian di tumbuk sampai hancur lalu oleskan pada bagian ketiak atau lipatan tubuh, tunggu selama 10 menit lalu bilas dengan kain yang sudah dibasahi dengan air. Anda juga bisa memanfaatkan kecombrang sebagai lalapan atau dibuat rujak.

Mentimun

Siapkan satu buah mentimun kemudian kupas kulitnya, lalu gosokkan pada bagian tubuh yang mengeluarkan bau setiap sehabis mandi.

Jahe

Jahe mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, minum air jahe atau wedang jahe selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, di percayai juga ampuh untuk mengusir bau badan. Selain jahe, mengkonsumsi daun kemangi dan daun beluntas secara rutin juga ampuh untuk mengatasi bau badan.

Cara yang paling baik untuk menghilangkan bau badan adalah dengan cara mencegahnya, tapi jika bau badan sudah menghampiri anda, tips diatas mungkin bisa menjadi solusinya. Suka dengan artikel ini?, jangan lupa komentar dan sharenya ya…

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!