6 Cara Efektif Menghilangkan Lemak di Perut

cara cepat menghilangkan lemak di perut

Menghilangkan lemak di perut – Obesitas perut atau lebih dikenal dengan perut buncit diakibatkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak yang mendiami area perut ini terdiri dari dua jenis, yaitu lemak subkutan dan visceral.

Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat pada bagian bawah kulit perut, lemak jenis ini bisa mudah di kenali karena berbentuk gelambir dan bisa di cubit. Sedangkan lemak visceral terdapat pada bagian disekitar organ tubuh.

Advertisement



Dari segi penampilan, perut buncit sering kali membuat seseorang tidak percaya diri dan sangat mengganggu. Secara kesehatan, perut buncit juga sangat beresiko terhadap munculnya penyakit lain, karena lemak visceral dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh dan termasuk jenis lemak yang sulit untuk di hilangkan.

Untuk mengetahui seseorang mengalami obesitas perut atau tidak, dapat dengan mudah dilakukan yaitu dengan mengukur lingkar pinggang anda menggunakan meter. Seorang pria dengan lingkar pinggang diatas 90 cm dan 80 cm untuk perempuan, sudah di ketegorikan kedalam obesitas perut.

Sebenarnya, ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan lemak di perut supaya terhindar dari perut buncit, berikut tipsnya yang sudah kami rangkum untuk anda.

Tips Menghilangkan Lemak di Perut

Kurangi Gula dan Pemanis Buatan

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, karena gula mengandung glukosa dan fruktosa, sedangkan fruktosa yang dapat di serap oleh hati sangat terbatas.

Ketika seseorang mengkonsumsi gula secara berlebih, hati akan di penuhi oleh fruktosa yang kemudian diubah menjadi lemak.

Perbanyak Mengkonsumsi Protein

Protein merupakan nutrisi makro yang berperan penting dalam proses diet.

Sebuah study menunjukkan bahwa kualitas protein yang di konsumsi berbanding terbalik dengan lemak di perut, itu artinya orang yang mengkonsumsi protein berkualiatas memiliki lebih sediki lemak di perut.

Sumber protein terbaik bisa di peroleh dari telur, ikan, daging dan susu rendah lemak.

Kurangi Karbohidrat

Membatasi karbohidrat adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan lemak di perut. Hal ini di dukung oleh berbagai penelitian.

Dari 20 percobaan yang dilakukan secara acak dan terkontrol menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat 2-3 kali lebih efektif menurunkan berat badan dari diet rendah lemak.

Ada juga studi lain yang membandingkan antara diet rendah karbohidrat dan diet rendah lemak, dimana hasilnya menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat secara khusus menargetkan lemak visceral yang berada di sekitar organ dan hati.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat

makanan yang mengandung serat tinggi

Serat berperan penting dalam proses pencernaan makanan yang berfungsi sebagai pengikat air dan membentuk gel kental pada usus.

Gel ini membantu menghambat gerakan makanan yang melalui lambung dan usus kecil sehingga menimbulkan perasaan kenyang lebih lama. Serat alami dapat di jumpai pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Baca juga : Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Diet

Perbanyak aktifitas dan olahraga

Jenis olahraga yang efektif untuk menghilangkan lemak di perut adalah olahraga kardio (kardiovaskular) atau lebih dikenal dengan aerobik. Olahraga kardio bermacam-macam, mulai dari jogging, jalan cepat, bersepeda, senam, renang dan sit up.

Hindari stres dan istirahat yang cukup

kurang tidur dan stres yang berlebihan dapat merangsang tubuh meproduksi hormon kortisol yang menjadi penyebab obesitas visceral.

Jika anda memiliki masalah, cobalah untuk menghindari stres, dengan cara bermeditasi, relaksasi atau curhat ke orang terdekat anda.

Advertisement



Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!